Monday, January 12, 2015

Mengurus Visa New Zealand dari Bali

Hutangnya banyak ini T_T
Tapi mari kita cicil pelan-pelan.

Baiklah, ini adalah pengalaman pertama saya mengurus visa luar negeri. Pengalaman saya ada dua untuk membuat visa ini, tapi saya simpulkan aja ya. Saya mengajukan visa ini pada bulan Oktober dan Desember 2014.

Saya ini tidak mempunyai pekerjaan resmi, ya cuma iseng-iseng ngetik kode dapet uang jajan. Jadi, pekerjaan utama saya ya 'House Wife'. Karena itu, saya butuh surat sponsor dari suami karena saya tidak punya slip gaji :)

Di Bali ada cabang Visa Application Centre untuk NZ di Benoa Square, silakan klik VAC  dan Imigrasi NZ Jakarta untuk info lengkapnya. Dokumen yang saya kumpulkan untuk mengajukan visa turis adalah:

  1. Itinerary ke NZ. Saya sendiri hanya melampirkan tiket PP Bali-Auckland yang saya dapatkan dari travel agent terdekat dan belum bayar.
  2. Fotocopy kartu keluarga.
  3. Surat sponsor dari suami yang menyatakan dia akan membiayai saya di sana.
  4. Fotocopy tabungan suami. Jumlahnya itu kalau sudah punya confirmed hotel makan minimal saldo adalah NZD400 per orang dewasa per bulan. Sedangkan kalau belum punya itu semua, siapkan saldo anda NZD1000 untuk sebulan. Haruskah uangnya sudah ada tiga bulan sebelumnya? Tidak ada peraturan tertulis, tapi sebaiknya begitu,
  5. Bukti surat nikah.
  6. Fotocopy KTP saya dan suami.
  7. Passport suami.
  8. Foto saya ukuran passport standar NZ dua lembar.
  9. Dokumen 1189 yang dapat diunduh di sini
Lalu saya mengumpulkan dokumen-dokumen ini ke VAC di Benoa Square lt. 3
Visa saya jadi sekitar 15 hari kerja. Bisa ambil sendiri di VAC atau via kurir dengan biaya tambahan IDR50.000

Ini ada contoh surat sponsor suami,


Hal yang perlu diingat: Blog ini bisa saja outdated, ketika ingin mengajukan visa cek dulu list syarat-syaratnya di link-link yang saya sebutkan tadi. Mereka bisa saja mengubah kebijakan tanpa kita tahu.
Hal klise lainnya adalah, urus visa jauh-jauh hari! Kecuali memang kamu tiba-tiba harus berangkat dalam waktu dekat.

Cheers,
Ate